Bingung Lipstik Nggak Awet Menempel di Bibir Ternya 7 Ini Penyebabnya  Berikut Salah Cara Bahagia? Tingkatkan Ini Begini Caranya

Ilustrasi (Dok:Net)

JAKARTA (SURYA24.COM)- Siapa sih yang nggak suka menggunakan lipstik? Well, selain bisa membuat wajah menjadi lebih cerah lipstik juga sudah menjadi produk kosmetik yang paling banyak dikoleksi oleh wanita. Sayangnya, nggak semua wanita berhasil mendapatkan performa lipstik dengan sempurna. Kira-kira apa saja ya alasannya? Penasaran?  Berikut penyebabnya seperti dilansir popbela.com. 

1. Tidak rutin melakukan eksfoliasi bibir

Bibir yang halus merupakan faktor utama yang membuat lipstik menempel sempurna. Lakukanlah eksfoliasi bibir untuk mengangkat sel-sel kulit mati setidaknya satu hingga dua kali dalam seminggu. Ada berbagai pilihan produk scrub bibir yang bisa kamu coba atau kamu juga bisa membuatnya sendiri menggunakan bahan-bahan alami seperti gula, madu, dan lain-lain. 

2. Membiarkan bibir kering dan bersisik

Membiarkan kondisi bibir yang kering hanya akan memperparah penampilanmu lho. Bibir kering dan bersisik adalah tanda bahwa kurangnya kelembaban di area bibir. Selain mengeksfoliasinya secara rutin, kamu juga perlu menggunakan pelembap bibir setiap hari agar mendapatkan bibir sehat. Dengan begitu, produk lipstik atau lip cream bisa menempel sempurna.

3. Tidak menghapus lip balm

Lip balm memang produk yang dapat melembapkan kulit bibir. Namun mengaplikasikan lipstik sesaat setelah menggunakan lip balm hanya akan membuat warna lipstik tidak keluar maksimal. Sebaiknya ankgat dulu sisa lip balm dengan tisu sebelum mengoleskan lipstik.

4. Melewati lip liner

Sebagian orang mungkin tidak menyukai lip liner tapi percayalah kalau lip liner sangat membantu penampilan bibir menjadi lebih sempurna. Lip liner dibuat dengan bahan lilin yang dapat mengisi garis bibir dan melindunginya dari perdarahan. Selain itu, menggunakan lip liner di seluruh bibir juga bisa menambah daya tahan lipstik. 

5. Tidak menggunakan teknik blotting bibir

Untuk mendapatkan performa lipstik yang tahan lama, sebaiknya kamu tidak melewati langkah ini. Oleskan lipstik pertama kemudian blot dengan tisu, lalu tambahkan lapisan warna kedua. Trik ini akan membantumu mengunci warna bibir yang sudah terbentuk. 

6. Menggosok bibir sesaat setelah aplikasi lipstik

Kebiasaan membaurkan produk lipstik dengan jari ternyata bisa mengemulsi dan menipiskan lipstik karena tubuh kita mengandung suhu yang hangat. Sebaiknya kamu menggunakan brush khusus bibir untuk mencampurkan lipstik secara lebih detail tanpa mengemulsinya. 

7. Hanya menggunakan satu produk bibir

Menggunakan satu lipstik memang terlihat lebih simpel dan menghemat waktu. Namun menggunakan lebih dari satu produk lipstik seperti lipliner, lipstik dan lip gloss dengan teknik layering dapat membuat penampilan pada bibirmu lebih awet. Di samping itu, kamu juga nggak perlu sering touch up lho! 

Tingkatkan Hormon Serotonin 

Banyak cara yang bisa kamu lakukan agar hidupmu tampak lebih berwarna, salah satunya adalah dengan melakukan banyak kegiatan bersama orang-orang terdekat. Namun, bagi beberapa orang hal tersebut tak mudah untuk dilakukan, lantaran terhalang dengan waktu luang.

Di sisi lain, kamu juga bisa mencoba aktivitas sederhana yang bisa meningkatkan hormon serotoninmu, lho. Lantas, aktivitas apa saja yang dipercaya bisa meningkatkan hormon serotonin? Yuk, cari tahu di bawah ini!

1. Mengonsumsi makanan yang mengandung triptofan

Triptofan adalah salah satu jenis asam amino yang kerap ditemukan di dalam makanan yang kaya protein, seperti ikan salmon, keju, kacang-kacangan, serta telur. 

Makanan yang kaya akan kandungan triptofan ini diketahui bisa merangsang produksi hormon serotonin pada tubuh. Namun, kamu tidak disarankan mengonsumsi makan-makanan tersebut secara berlebihan karena dikhawatirkan produksi hormon serotonin meningkat pesat.

Peningkatan hormon serotonin yang berlebih ini bisa membahayakan tubuh. Oleh karena itu, imbangi konsumi makanan yang kaya protein dengan makanan bergizi lainnya.

2. Berjemur di bawah matahari

Tak hanya baik untuk sistem kekebalan tubuh dan kesehatan tulang, berjemur di bawah matahari selama kurang lebih 15 menit dipercaya bisa meningkatkan produksi hormon serotonin.

Bahkan terdapat sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa berjemur di bawah sinar matahari dapat menurunkan gejala depresi.

3. Yoga

Yoga menjadi salah satu olahraga yang populer selama beberapa waktu belakangan ini. Selain karena bisa dilakukan di mana saja, yoga ini bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks.

Tapi, tahukah kamu kalau yoga juga dapat meningkatkan hormon serotonin? Ya, ketika beberapa gerakan yoga diterapkan dengan rutin, maka tubuh akan melepaskan hormon serotoninnya.

4. Olahraga

Selain rutin melakukan yoga, olahraga juga ternyata bisa meningkatkan hormon serotonin. Semakin rutin kamu berolahraga, semakin meningkat produksi hormon serotonin dalam tubuh.

Ada beberapa jenis olahraga yang dipercaya mampu meningkatkan hormon serotonin, mulai dari jogging, bersepeda, hingga berenang. 

5. Mengaplikasikan essential oil

Essential oil ini memiliki segudang manfaat, mulai dari mengatasi sakit kepala, insomnia, mengobati peradangan, hingga membantu mengatasi rasa cemas. Namun, mengaplikasikan atau menghirup essential oil juga diketahui bisa meningkatkan hormon serotonin, sebab essential oil ini bisa meningkatkan suasana hati seseorang.

Itulah cara sederhana yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan hormon serotoninmu, semoga bermanfaat dan selamat mencoba!***